Kamis, 22 Desember 2016

Manajemen Jaringan dasar Dengan SNMP


SNMP adalah protokol monitoring jaringan yang tergabung dalam TCP / IP suite protokol Internet. Hal ini digunakan untuk memonitor dan mengelola perangkat dari jarak jauh melalui jaringan dan memiliki 3 komponen utama yang merupakan perangkat yang dikelola, agen snmp dan sistem manajemen jaringan sering hanya disebut sebagai NMS.
Sebuah perangkat yang dikelola adalah perangkat jaringan yang aktif seperti server, router, switch harga hp samsung terbaru, workstation atau bahkan setiap perangkat yang jaringan yang mampu. Perangkat berhasil diprogram untuk mengumpulkan informasi dari perangkat host, mungkin menyimpan informasi itu dan memiliki kemampuan untuk meneruskan informasi ke Stasiun Manajemen Jaringan.
Agen SNMP adalah bagian dari perangkat lunak yang berada pada perangkat jaringan host yang mengumpulkan informasi diprogram dan mengkomunikasikan bahwa informasi dalam bentuk SNMP Traps ke Stasiun Manajemen Jaringan.
Sebuah Stasiun Manajemen Jaringan digunakan untuk memonitor dan mengontrol perangkat SNMP host melalui serangkaian pesan yang sederhana dan juga melaporkan bahwa informasi kepada tim monitoring jaringan dalam bentuk semacam alarm atau laporan.
NMS dapat menjalankan sejumlah proses aplikasi yang dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang perangkat jaringan yang dikenal. Informasi ini dapat menjadi informasi status seperti perubahan status dari antarmuka Router atau Switch Pelabuhan, perubahan konfigurasi perangkat atau informasi yang berkaitan dengan kinerja perangkat yang dikelola.
Seringkali aplikasi perangkat lunak dimuat ke Stasiun Manajemen Jaringan adalah proprietary, tetapi mengandung dan beroperasi dengan TCP / SNMP standar IP berbasis. Salah satu contoh yang baik dari sebuah aplikasi SNMP adalah HP Openview.
Perangkat yang berkomunikasi dengan NMS sering dikonfigurasi untuk menjadi anggota dari sebuah komunitas yang dikenal dengan string atau sandi masyarakat memberikan identitas masyarakat atau otentikasi. Kemudian versi SNMP menggunakan bentuk yang lebih kuat dari Otentikasi dan Enkripsi pesan SNMP. Sebuah NMS harus menjadi bagian dari komunitas sebelum dapat menerima atau melihat pesan atau membuat perubahan konfigurasi ke perangkat sudah menjadi bagian dari masyarakat.
Pesan SNMP sendiri berisi informasi dari perangkat atau instruksi dikelola dari NMS dalam bidang data dan setiap pesan juga berisi identitas komunitas yang dimiliki perangkat. Pesan SNMP dikirim di seluruh jaringan dikemas dalam paket UDP (User Datagram Protocol), yang pada gilirannya akan dikemas dalam sebuah IP (Internet Protocol) paket.
Perangkat lunak agen diinstal pada perangkat host memiliki apa yang dikenal sebagai MIB (Management Information Base), yang merupakan database yang berisi daftar objek dikelola pada perangkat. Ketika perangkat perlu menginformasikan Station Network Management tentang konfigurasi atau perubahan status, ia akan mengirimkan pesan yang dikenal sebagai TRAP kepada masyarakat NMS menginformasikan perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar